RSS

About Template


Instal Windows 7 dari Flasdisk


             Saat ini, banyak berkembang netbook, note book atau laptop dengan ukuran mini yang lebih simpel dan mudah untuk di jinjing-jinjing atau di bawa-bawa. Tapi, karena keimutannya dan mengadopsi Prosesor yang kecil juga (Intel Atom), maka biasanya laptop tersebut tidak disertai dengan DVD-R internal. Jadi apabila kita berencana untuk menginstal ulang laptop dengan OS (Operation System) yang baru, maka kita akan menghadapi kendala karena kita biasanya menyimpan master OS tersebut dalam sebuah media bernama CD (Compact Disk). Na.... sekarang ada cara yang lebih mudah untuk menginstal OS tersebut yakni menggunakan media Flasdiks. Disini saya baru mencoba/mempraktekan untuk OS windows 7. belum di coba dengan OS yang lain. 
       Cara kerjanya adalah menjadikan/menciptakan flasdisk kita agar bisa booting disaat pertama menghidupkan laptop. syarat dari flasdisk yang di gunakan adalah minimal kapasitasnya 4 gb, karena kita tahu bahwa OS windows 7 memiliki kapasitas sekitar diatas 2 GB, jadi tujuan minimal 4 gb dari flasdik tersebut adalah agar dapat menampung semua data master dari windows 7 tersebut.
         Berikut adalah cara-cara/ proses yang dilakukan. dan proses penciptaan Flasdisk bootable tersebut juga saya lakukan di sebuah laptop dengan OS Windows 7. jadi belum tau apakah ada fasilitas tersebut dalam windows XP atau yang lain.. maklum Laptop saya memakai Windows 7, jadi ya...sebagai bahan prakteknya saya pakai OS yang saya miliki.. langsung aja ya... ini proses yang harus kita lakukan.

  1. Pertama-tama kita masuk dalam jendela run yang bisa diakses dengan mengklik kombinasi tombol Logo windows + R dan akan muncul jendela seperti ini:                   
  2. ketikkan "diskpart" (Tanpa tanda petik) dan enter/OK
  3. nanti akan muncul jendela baru seperti tampilan DOS yang bisa juga di lihat seperti berikut:                    
  4. Kemudian ketikan List disk untuk melihat flasdik kita termasuk nomor urut berapa (terlebih dahulu flasdisk harus di colokan dulu di laptop kita).            pada jendela diatas kita dapat melihat bahwa flasdik kita dapat nomor urut 1 (Disk 1) di tandai dengan ukuran (Size) yang 3844 MB atau setara dengan 4 GB.
  5. Selanjutnya ketikan    select disk 1   lalu tekan enter                                                                                     artinya kita memilih disk 1 untuk menjadi media yang mau kita otak atik... dan akan muncul seperti jendela diatas (Disk 1 is now the selected disk)
  6. Selanjutnya ketikan clean lalu tekan enter                                      artinya kita ingin membersihak flasdik kita dan akan muncul kalimat DiskPart succeeded in cleaning the disk
  7.  selanjutnya ketikan create partition primary  lalu tekan enter                                                       artinya kita ingin menciptakan sebuah partisi utama pada flasdisk kita dan akan muncul kalimat DiskPart succeeded in creating the specified partition
  8.  Ketikan select partition 1 lalu tekan enter                                                       disini kita memilih flasdisk kita sebagai partition 1     
  9.  selanjutnya ketik active lalu tekan enter                                                   
  10. selanjutnya ketikan   format fs=fat32 quick lalu tekan enter                                                    kita bisa menukar fat32 menjadi ntfs, tapi menurut saya lebih baik fat32 aja,karena lebih banyak board/bios/hardisk yang suport dengan fat32 ketimbang dengan ntfs. sedangkan penggunaan quick agar proses pem formatan  flasdisk berlangsung lebih cepat. tunggu sampai proses format selesai (100%)
  11. Setelah proses selesai, ketikan  assign  lalu enter.   
  12. terakhir, ketikan  exit  dan proses awal pun selesai
      Setelah langka diatas selesai dilakukan, selanjutnya kita copykan seluruh isi dari master OS Windows 7 kita ke dalam flasdisk kita. Untuk mempermudah proses pengopyan, kita dapat menggunakan aplikasi copy paste yang banyak beredar di dunia maya. Setelah proses pengopian selesai, maka sekarang flasdisk kita sudah bisa dijadikan media instaler OS Windows 7. 
         Proses selanjutnya kita tinggal mensetting  laptop kita agar booting awal dari media USB/Flasdisk atau sejenisnya untuk mensittingnya kita bisa lakukan pada jendela BIOS. dan rubah pada bagian setting bootingnya. Setiap BIOS antar merek bisa berbeda, jadi di utak atik aja untuk mendapatkan pengaturan bios tersebut. selamat mencoba dan mudah-mudahan dapat membantu. proses ini juga bisa dii gunakan untuk menginstal PC atau laptop-laptop yang lain. keunggulan penginstalan dengan media flasdisk ini adalah lebih cepat dan dapat mengurangi resiko gagal instal akibat file master yang rusak akibat lagi dari tergoresnya DVD masternya. catatan lagi. kalau kita ingin menukar master yang ada dalam flasdisk seperti dari windows 7 ultimate jadi windows 7 profesional, kita tinggal hapus semua file yang ada di flasdisk dan menukarnya dengan master windows yang baru tanpa harus melalui cara diskpart ulang flasdisk. dengan catatan, flasdisk belum di instal ulang...

video tutorial bisa di lihat di sini





2 Responses to "Instal Windows 7 dari Flasdisk"
Anonim mengatakan...

Pertamaxx gann...


28 Maret 2011 pukul 11.29
Anonim mengatakan...

Temanin ya,
walau ga pertamax


21 Oktober 2011 pukul 14.15

Posting Komentar

 

Random Posts

Recent Comments

Pengikut

Return to top of page Copyright © 2010 | Flash News Converted into Blogger Template by HackTutors